Kamis, 20 Maret 2014

Bukan Virus Komputer


Virus dalam ilmu biologi adalah parasit berukuran mikroskopik berkisar antara 20-300 milimikron, yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus merupakan parasit sejati/parasit obligat yang aktifitasnya harus disel hidup. Diluar sel hidup virus merupakan benda mati. Kata virus berasal dari bahasa latin virion yang berarti racun. 

Virus tidak seperti sel hidup lainya, virus hanya hidup bila sedang menginfeksi sel hidup/sel inang sementera diluar itu virus hanyalah benda mati, hal ini disebabkan kerena virus tidak mempunyai organel-orgenel sel seperti yang ada pada sel-sel hidup, yang ada hanya DNA/RNA yang diselubungi kapsid beserta bagian-bagian pelengkap lainya. Sifat dari virus ini menyebabkan virus sulit dibunuh karena diluar sel inang virus adalah benda mati.
Bentuk virus bermacam-macam, ada yang berbentuk seperti batang (heliks), berbentuk icosahedral, dan ada pula yang bentuknya kompleks, memiliki kepala, leher dan kaki. Secara umum virus tersusun atas asam nukleat yang diselubungi kapsid. Kapsid tersusun dari protein yang berisi DNA saja atau RNA saja, tidak kedua-duanya. Satu unit protein yang menyusun kapsid disebut kapsomer.
Proses perkembang biakan virus disebut replikasi. Untuk mereplikasi dirinya virus harus menginfeksi sel inang terkebih dahulu dengan cara menempel pada sel inang dan kemudian menyuntikan DNA/RNA virus kedalam sel inang, bagian tubuh lain dari virus akan ditinggalkan diluar karena sudah tidak dipakai. Setelah DNA/RNA virus berada didalam sel inang virus akan menggambil alih seluruh aktifitas dan organel-organel dari sel inangnya namu ada pula virus yang justeru menyatu dengan DNA inangnya. Setelah DNA/RNA virus mengambil alih organel-organel sel inangnya virus akan menggunakannya untuk mereplikasi dirinya sendiri dengan jumlah yang lebih banyak dan kemudian virus akan keluar dari sel inang dengan cara memecahkan sel inang tersebut dan siap menginfeksi lagi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar